ads

Sabtu, 30 Juli 2011

Yuk, Berburu Meteor Perseids

|

-
Pada kesempatan kali ini saya akan memberi info mengenai hujan Meteor Perseids. Tentunya kalian sudah mengetahui apa yang disebut meteor itu kan, hehe. Ada berbagai macam nama-nama meteor, dan meteor Perseids adalah salah satunya. Dikutip dari Wikipedia, hujan meteor Perseid adalah fenomena alam yang berupa hujan meteor yang terjadi setiap tahun. Hujan meteor ini terjadi dimulai dari pertengahan Juli, dan mencapai puncaknya pada tanggal 12-14 Agustus.

Nama Perseids berasal dari nama Rasi bintang Perseus karena hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah Rasi Bintang Parseus. Kecepatan meteor tersebut kira-kira 60 kilometer per jam, dan memiliki kilatan meteor yang terang dengan cahaya yang panjang.

Meteor-meteor Perseid tersebut berasal dari serpihan debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang masuk ke atmosfer Bumi. Komet tersebut ditemukan pertama kali pada tahun 1862 itu mengelilingi Matahari setiap 130 tahun sekali. Setiap pertengahan bulan Agustus, Bumi melintasi orbitnya yang mengandung sisa-sisa ekornya yang ditinggalkan.

Nah, Hujan meteor perseids dapat diamati sejak tanggal 23 Juli sampai 22 Agustus dan akan mencapai puncaknya pada tanggal 12 s/d 13 Agustus nanti. Pada saat puncaknya diperkirakan akan terlihat sekitar 90 meteor tiap jamnya.

Persiapan dan Pengamatan hujan meteor perseids ..

Persiapan:

- Tentukan tempat pengamatan. Dimana saja, idealnya dengan medan pandang luas dan langit gelap.

- Tentukan waktu pengamatan. Waktu terbaik adalah setelah tengah malam hingga fajar tiba. Namun mengingat fase bulan menjelang purnama yang kemungkinan akan mengurangi gelapnya langit, ada baiknya pengamatan dilakukan pada tanggal 12 dan 13 Agustus 2011 setelah bulan terbenam, yaitu menjelang subuh (sekitar pukul 4.00 waktu setempat) hingga fajar tiba.

- Siapkan perlengkapan seperti jaket, peta bintang, kamera, dll jika dirasa perlu.

- Tidak diperlukan teleskop atau binokuler.

Pengamatan:

- Pastikan langit cerah.

- Bawa perlengkapan yang sudah disiapkan.

- Mulailah (bersabar) menengadah ke langit di tempat yang sudah direncanakan. Perlu diketahui bahwa meteor jatuh satu per satu sehingga perlu kesabaran untuk mengamatinya.

- Pandangi langit perlahan. Meski radiannya adalah rasi perseus di langit sebelah timur laut, bukan berarti pengamatan hanya terfokus kesana. Meteor bisa jatuh di langit disebelam mana saja.

Selamat mengamati..

referensi : http://www.facebook.com/event.php?eid=152486984825752

Baca Juga:

Kalian sedang membaca artikel tentang Yuk, Berburu Meteor Perseids dan kalian bisa menemukan artikel Yuk, Berburu Meteor Perseids ini dengan url http://www.tituitbom.com/2011/07/yuk-berburu-meteor-perseids.html, kalian boleh menyebar luaskan artikel Yuk, Berburu Meteor Perseids ini jika memang bermanfaat. Mohon untuk tidak mencopy-paste artikel ini secara keseluruhan, terimakasih.
 
© Copyright 2010. Tituitbom.Com . All rights reserved | www.tituitbom.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com