ads

Kamis, 24 November 2011

Cara Merawat Baterai Laptop yang Benar

|

-
Cara Merawat Baterai Laptop yang Benar - Setiap orang pasti menginginkan semua barang yang telah dimilikinya selalu awet dan terjaga. Tidak terkecuali baterai laptop, salah satu komponen penting di dalam laptop. Artikel  Cara Merawat Baterai Laptop yang Benar  saya tulis karena pengalaman pribadi, yaitu lalainya saya dalam menjaga/merawat baterai laptop ini. Baterai laptop saya hanya bertahan kurang lebih 5 menit jika digunakan dalam kondisi tidak ter-charge, belakangan diketahui bahkan bisa kurang dari 5 menit karena pada saat bermain PES  di laptop dengan mensetting waktu 10 menit. Saat pertengahan babak pertama-pun laptop tiba-tiba dalam keadaan/mode sleep.
baterai

Oke, kali ini saya akan memberi sedikit tips mengenai  Cara Merawat Baterai Laptop yang Benar . Berikut tips-tipsnya:

1. Saat Pertama kali membeli Laptop, Charge Baterai Sekitar 8 – 10 jam, karena baterai yang tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama lama, sebaiknya di charge terlebih dahulu sebelum digunakan.


2. Jangan simpan/menggunakan laptop di atas kasur, sofa, atau benda-benda empuk lainnya. Laptop butuh sirkulasi udara karena dia mengeluarkan panas. Kalau kita simpan di kasur, panasnya tidak akan keluar. Jika memang harus memakai/menyimpan-nya disana, sebaiknya gunakan alas yang cukup tebal dan keras.


3. Jika baterai tidak digunakan, simpan baterai pada suhu yang sejuk dan kering. Sebelum melepas baterai, isi baterai hingga penuh terlebih dahulu, dan jangan didiamkan terlalu lama.


4. Jangan sampai baterai benar-benar habis atau dayanya 0% karena banyak efeknya bagi baterai. (mungkin ini yang menyebabkan baterai laptop saya jebol, karena ini yang paling sering baterai saya alami)


5. Isi baterai hingga penuh, dan lakukan pengisian jika kapasitas baterai telah mendekati 10%.


6. Jangan sampai baterai terkena air, semua barang elektronik pun dilarang untuk berhubungan langsung dengan air. Walaupun nantinya kering dan bisa dipakai lagi, jamur dan korosi akan menggerogoti fisik baterai itu sendiri.


7. kalau laptop sering di hidup-matikan, sebaiknya gunakan mode sleep saja. Karena tenaga yang diperlukan pada saat laptop menyala itu lebih kecil dibandingkan waktu pertama menyalakan laptop.


8. Gunakan power management pada control panel. Set kecerahan di bawah 50% atau bisa langsung dengan menekan Fn + left button keyboard. Jangan menggunakan screen saver yang lebay, gunakan blank saja.


9. Selalu gunakan baterai dan charger original. Bagaimanapun yang original lebih baik.


10. Jika menggunakan baterai tanpa di-charger, usahakan jangan atau hindari bermain game, film, atau software-software yang berat.


Begitulah beberapa cara untuk merawat baterai laptop, jika ada yang mau menambahkan silakan berkomentar di bawah ini. Semoga artikel  Cara Merawat Baterai Laptop yang Benar  bermanfaat bagi kita semua.


referensi : kaskus.us , ucupers.com , heryantony.com

Baca Juga:

Kalian sedang membaca artikel tentang Cara Merawat Baterai Laptop yang Benar dan kalian bisa menemukan artikel Cara Merawat Baterai Laptop yang Benar ini dengan url http://www.tituitbom.com/2011/11/tips-ampuh-merawat-baterai-laptop.html, kalian boleh menyebar luaskan artikel Cara Merawat Baterai Laptop yang Benar ini jika memang bermanfaat. Mohon untuk tidak mencopy-paste artikel ini secara keseluruhan, terimakasih.
 
© Copyright 2010. Tituitbom.Com . All rights reserved | www.tituitbom.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com